Force Magic Official Site | Obat Nyamuk Semprot

Ini Alasan Kenapa di Lantai Rumah Banyak Semut

Forcemagic - Baik semut merah atau semut hitam, umumnya bersarang di bawah tanah maupun di sekitar pohon. Namun, tidak jarang sering kita temui semut yang masuk ke dalam rumah. Biasanya, semut sangat suka baris-berbaris di lantai rumah. Bahkan, seringkali semut-semut tersebut bergerombol dan membawa pasukan yang banyak. Sebenarnya, apa yang menyebabkan semut ini masuk ke dalam rumah dan suka baris-berbaris di lantai?

Inilah 5 Alasan Banyak Semut Berkeliaran di Lantai Rumah

Ada banyak alasan mengapa hewan kecil ini bisa masuk ke dalam rumah dan seringkali ditemui saat mereka sedang berjalan di lantai. Berikut adalah 5 alasan mengapa banyak semut yang berjalan atau berkumpul di lantai rumah:

1. Menemukan sumber makanan

Salah satu alasan paling kuat mengapa banyak semut masuk ke dalam rumah adalah karena mencium bau makanan. Perlu diketahui bahwa semut memiliki indra penciuman yang sangat bagus. Sehingga, mereka bisa menemukan makanan meskipun jaraknya cukup jauh dari tempat keberadaan makanan tersebut.

Setelah sampai di tempat dimana ada makanan tersebut, semut tidak segan untuk berbagi makanan dengan teman-temannya. Maka dari itu, tidak heran jika ada makanan yang jatuh ke lantai, tidak lama kemudian akan dikerumuni oleh semut. Jadi, ini bisa menjadi alasan mengapa di lantai rumah banyak semut, yaitu karena ada sumber makanan yang memancing semut untuk datang.

2. Mencium bau manis

Semut memang dikenal sebagai serangga kering yang suka dengan rasa manis. Tidak heran jika banyak semut yang seringkali masuk ke dalam wadah tempat penyimpanan gula yang ada di dapur. Jika ada minuman manis yang tumpah ke lantai, maka hal ini juga akan menarik perhatian semut.

Meski sudah dibersihkan, namun bau manis tersebut tetap bisa tercium oleh semut. Sehingga, mereka akan berdatangan ke sumber bau manis tersebut. Apalagi jika minuman atau makanan manis tersebut belum dibersihkan, pasti akan datang banyak semut bergerombolan.

2. menemukan tempat yang nyaman

Kebanyakan semut menyukai celah tanah, akar pohon, maupun batang pohon sebagai tempat tinggal. Jika tiba-tiba ada banyak semut yang terlihat di lantai rumah, maka kemungkinan mereka menemukan tempat tinggal yang lebih nyaman. Coba perhatikan ke mana semut-semut tersebut berjalan.

Biasanya, mereka akan masuk ke celah dinding atau pun celah keramik sebagai tempat tinggal yang baru. Karena menemukan tempat yang nyaman di sekitar rumah itulah alasan mengapa kita seringkali menjumpai banyak semut yang berlalu-lalang di lantai rumah.

4. Rumah dekat dengan pohon

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa semut sangat suka berada di pohon, baik di bagian akar, daun, hingga batangnya. Saat lokasi rumah berdekatan dengan pohon, maka semut bisa sangat mudah untuk mampir ke rumah. Baik melewati dinding maupun lantai rumah. Biasanya, kehadiran semut di dalam rumah merupakan hal yang tidak disengaja. Dengan alasan bahwa rumah dekat dengan tempat tinggal mereka.

5. Suasana rumah yang lembap

Sirkulasi udara di dalam rumah yang kurang baik ternyata juga bisa menyebabkan mengapa banyak semut suka berkeliaran di rumah. Maka dari itu, pastikan bahwa rumah tidak pengap degan cara membuka pintu atau jendela. Dengan adanya udara segar, maka bisa membuat semut enggan untuk memasuki rumah.

Itulah 5 alasan kenapa banyak semut di lantai rumah. Jika merasa terganggu dengan keberadaan semut di rumah, sebaiknya jangan membunuh semut tersebut. Hal ini mengingat bahwa sebenarnya mereka hanya mampir di rumah sebentar saja dan tidak melakukan hal yang merugikan. Apalagi, agama Islam juga mengajarkan untuk mengasihi hewan semut dengan tidak membunuhnya. Jadi, sebaiknya gunakan cara yang lebih halus untuk mengusir semut-semut tersebut. Jangan sampai menyakitinya.

Share

Inspirasi Lainnya

Waspada Serangan Nyamuk di Waktu Ini
Ternyata nyamuk punya jam-jam tersendiri untuk berkeliaran lho. Kamu harus waspada pada waktu-waktu berikut ini
Tips Ampuh Mengusir Kecoa di Kamar Mandi
Pasti kesel banget kan ketika masuk kamar mandi tiba-tiba ada kecoa terbang. Kamu bisa gunakan cara ini untuk mengusirnya
Menghilangkan Bentol Akibat Digigit Semut
Kaki atau tangan kamu digigit semut sampai bentol, tidak perlu khawatir gunakan cara ini untuk menghilangkan bentol akibat digigit semut.
Macam-Macam Serangga Pengganggu yang Wajib Disemprot
Banyak serangga pengganggu di rumah kamu ? tidak perlu ragu, langsung aja basmi dengan semprotan.
Lindungi Anak Tercinta dari Serangan Nyamuk
Pasti kamu tidak kan anak tersayang digigit nyamuk, apalagi sampai tangannya bentol dan gatal-gatal.
Ini Penyebab Banyak Lalat Berkeliaran di dalam Rumah
Ternyata selain kotor, ada alasan lain kenapa lalat sering berkeliaran di dalam rumah lho.
Cara Menggunakan Sereh untuk Mengusir Nyamuk
Selain digunakan untuk bumbu masak, ternyata sereh juga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk lho.
Cara Menggunakan Semprotan Nyamuk yang Aman
Supaya kamar bebas nyamuk maka cara terbaik adalah menggunakan semprotan nyamuk. Ini tips cara menggunakan semprotan nyamuk yang aman khususnya untuk anak-anak
Cara Jitu untuk Mengusir Lalat di Rumah
Mengusir lalat itu sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kamu tahu caranya. Berikut ini beberapa tips untuk mengusir lalat dengan mudah
Banyak Semut di Rumah? Begini Cara Mengusirnya
Diruma kamu banyak semut? coba deh pakai cara ini untuk mengusir semut tersebut.
Bahaya Menginjak Kecoa Tanpa Alas Kaki
Hati-hati jika menginjak kecoa tanpa menggunakan sendal atau alas kaki lainnya, karena ada bahaya yang mengintai tubuh kamu
Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk
Ternyata untuk mengusir nyamuk tidak sulit lho, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini
Bahan Alami untuk Mengatasi Gatal Akibat Serangan Nyamuk
kulit kamu terasa gatal karena digigit nyamuk ? gunakan bahan alami berikut ini untuk menghilangkan rasa gatal tersebut
Apakah Aplikasi Pengusir Nyamuk Benar-Benar Efektif?
Belakangan ini mulai bermunculan aplikasi yang katanya bisa mengusir nyamuk. Tapi, apakah aplikasi tersebut benar-benar efektif ? simak penjelasannya berikut ini.
Copyright ©2020 Force Magic