Force Magic Official Site | Obat Nyamuk Semprot

Menghilangkan Bentol Akibat Digigit Semut

Forcemagic - Gigitan serangga seperti semut memang cukup menyebalkan. Bukan hanya gigitannya yang sakit, tapi juga meninggalkan bekas yang menggelembung beserta rasa gatal. Gatal dan bengkak yang terjadi setelah digigit semut, ternyata merupakan bentuk reaksi alergi. Tentu saja, kondisi ini sangat tidak nyaman.

Maka dari itu, perlu dilakukan penanganan supaya masalah ini tidak mengganggu aktivitas. Untungnya, ada berbagai macam bahan rumahan yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan bentol dan gatal akibat gigitan semut.

Inilah 5 Bahan Rumahan Untuk Meredakan Bentol dan Gatal Akibat Gigitan Semut

Bentol akibat digigit semut biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam. Namun, ada pula jenis semut yang bisa menyebabkan dampak cukup parah, sehingga bekas gigitannya belum hilang setelah beberapa hari. Saat mengalami gigitan semut, sebaiknya tidak perlu panik. Gunakan beberapa bahan alami rumahan berikut ini sebagai pertolongan pertama:

1. Madu

Khasiat madu memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Madu dikenal sebagai anti-inflamasi alami yang bisa diaplikasikan pada beragam jenis luka, termasuk luka akibat digigit semut. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan beberapa tetes madu pada kulit yang bentol setelah digigit semut. Biarkan selama beberapa menit. Madu akan menenangkan saraf-saraf di area bentolan dan membuat rasa gatalnya berkurang.

2. Es Batu

Salah satu cara terbaik untuk membantu meringankan gatal pada kulit akibat digigit serangga adalah dengan memberikan sensasi dingin. Maka dari itu, es batu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bentol dan gatal saat digigit semut. Cara menggunakannya yaitu dengan membungkus es batu menggunakan kain yang lembut.

Kemudian, tempelkan kain yang membungkus es batu tersebut pada kulit yang bentol dan gatal selama 5 hingga 10 menit. Dengan adanya sensasi dingin, maka rasa gatal akibat gigitan serangga bisa hilang secara perlahan. Peradangan yang terjadi juga akan semakin berkurang.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang ada di dapur. Bahan ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan gatal dan bentol setelah digigit semut. Pasalnya, oatmeal mengandung senyawa yang bersifat sebagai pelembap, penyembuh, serta antioksidan.

Caranya dengan membuat pasta oatmeal, yaitu campuran antara oatmeal dengan air. Kemudian, pasta ini bisa langsung dioleskan pada kulit yang digigit semut. Biarkan saja selama 10 – 15 menit. Cara ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa gatal.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa disebut sebagai bahan alami dengan sejuta manfaat. Bukan hanya untuk merawat kecantikan kulit dan rambut, lebih dari itu ternyata lidah buaya bisa mengobati gigitan serangga seperti semut. Hal ini karena lidah buaya bisa memberikan efek pendingin pada kulit.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi nyeri dan pembengkakan. Cara mengatasi gigitan semut dengan lidah buaya sangat mudah. Cukup oleskan gel lidah buaya saja pada kulit yang terluka akibat digigit semut. Biarkan beberapa menit dan rasakan sensasi dingin dari gel lidah buaya tersebut. Setelah itu, rasa nyeri dan gatal pasti akan berkurang.

5. Teh Celup

Teh celup paling nikmat sebagai teman nonton TV. Khasiatnya juga tidak perlu diragukan lagi. Namun, belum banyak yang tau jika teh celup juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gatal akibat digigit semut.

Hal ini tidak lain karena teh mempunyai kandungan antiinflamasi. Sehingga, bisa membantu mengurangi nyeri, pembengkakan, dan rasa gatal. Cara menggunakannya cukup dengan menempelkan kantong teh celup yang sudah dibasahi pada permukaan kulit yang bentol akibat gigitan semut.

6. Jeruk Lemon

Jeruk lemon maupun jeruk nipis ternyata memiliki kandungan antibakteri dan antigatal. Maka dari itu, buah berasa masam ini bisa membantu meringankan rasa gatal dan bentol yang disebabkan oleh gigitan semut.

Selain itu, buah yang kaya vitamin C ini juga dipercaya bisa mencegah terjadinya infeksi pada luka. Cara menggunakannya cukup dengan meneteskan sari jeruk pada bentol di kulit. Lalu, diamkan beberapa saat sampai rasa gatalnya hilang.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bentol di kulit akibat digigit semut. Agar bentol dan gatal benar-benar sembuh secara maksimal, sebaiknya aplikasikan cara di atas sebanyak 2 – 3 kali. Terutama jika digigit oleh semut merah yang biasanya meninggalkan bentol berukuran besar dan rasanya panas. Jika pertolongan pertama tersebut tidak berhasil membuat kulit semakin membaik, sebaiknya segera hubungi dokter.

Share

Inspirasi Lainnya

Waspada Serangan Nyamuk di Waktu Ini
Ternyata nyamuk punya jam-jam tersendiri untuk berkeliaran lho. Kamu harus waspada pada waktu-waktu berikut ini
Tips Ampuh Mengusir Kecoa di Kamar Mandi
Pasti kesel banget kan ketika masuk kamar mandi tiba-tiba ada kecoa terbang. Kamu bisa gunakan cara ini untuk mengusirnya
Macam-Macam Serangga Pengganggu yang Wajib Disemprot
Banyak serangga pengganggu di rumah kamu ? tidak perlu ragu, langsung aja basmi dengan semprotan.
Lindungi Anak Tercinta dari Serangan Nyamuk
Pasti kamu tidak kan anak tersayang digigit nyamuk, apalagi sampai tangannya bentol dan gatal-gatal.
Ini Penyebab Banyak Lalat Berkeliaran di dalam Rumah
Ternyata selain kotor, ada alasan lain kenapa lalat sering berkeliaran di dalam rumah lho.
Ini Alasan Kenapa di Lantai Rumah Banyak Semut
Tidak perlu bingung jika di lantai rumah kamu banyak semut. Ini alasannya.
Cara Menggunakan Sereh untuk Mengusir Nyamuk
Selain digunakan untuk bumbu masak, ternyata sereh juga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk lho.
Cara Menggunakan Semprotan Nyamuk yang Aman
Supaya kamar bebas nyamuk maka cara terbaik adalah menggunakan semprotan nyamuk. Ini tips cara menggunakan semprotan nyamuk yang aman khususnya untuk anak-anak
Cara Jitu untuk Mengusir Lalat di Rumah
Mengusir lalat itu sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kamu tahu caranya. Berikut ini beberapa tips untuk mengusir lalat dengan mudah
Banyak Semut di Rumah? Begini Cara Mengusirnya
Diruma kamu banyak semut? coba deh pakai cara ini untuk mengusir semut tersebut.
Bahaya Menginjak Kecoa Tanpa Alas Kaki
Hati-hati jika menginjak kecoa tanpa menggunakan sendal atau alas kaki lainnya, karena ada bahaya yang mengintai tubuh kamu
Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk
Ternyata untuk mengusir nyamuk tidak sulit lho, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini
Bahan Alami untuk Mengatasi Gatal Akibat Serangan Nyamuk
kulit kamu terasa gatal karena digigit nyamuk ? gunakan bahan alami berikut ini untuk menghilangkan rasa gatal tersebut
Apakah Aplikasi Pengusir Nyamuk Benar-Benar Efektif?
Belakangan ini mulai bermunculan aplikasi yang katanya bisa mengusir nyamuk. Tapi, apakah aplikasi tersebut benar-benar efektif ? simak penjelasannya berikut ini.
Copyright ©2020 Force Magic